PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP KARAWANG
Main Author: | Muhammad Harits Al Makhzuni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9778/1/1808203178_1_cover.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9778/2/1808203178_2_bab1.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9778/3/1808203178_6_bab5.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9778/4/1808203178_7_dafpus.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9778/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Persaingan antar lembaga dalam meningkatkan promosi dan pelayanan semakin ketat dan meningkat yang menjadikan perekonomian terus berkembang sehingga mengakibatkan konsumen mendapatkan promosi dan pelayanan yang bervariasi. Dalam hal ini tentu saja nasabah akan memilih yang terbaik berdasarkan anggapan mereaka. Penelitian ini ditunjukan menganalisis ada tidaknya pengaruh promosi dan pelayanan terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji, dengan objek penelitiannya yaitu nasabah bank Muamalat Indonesia KCP Karawang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunkan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner dan observasi langsung kelapangan. Jumlah sempel dalam penelitian ini adalah 100 dari 22.400 populasi. Dengan menggunakan rumus slovin standar error 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan uji validasi, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, Uji F, dan uji koefisien berganda. Dengan bantuan software IBM SPSS versi 24. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu secara parsial pada variabel promosi dengan nilai thitung (2,471) > ttabel (1,98447) maka promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji, dengan adanya promosi dapat meyakinkan konsumen agar membeli suatu produk. Dan pada variabel pelayanan dengan nilai thitung (5,483) > ttabel (1,98447) menunjukkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji, dengan adanya pelayanan yang baik akan menambah kesetiaan konsumen. Kemudian pada tabel uji F anova diperoleh nilai Fhitung sebesar 39,097 dan nilai Ftabel sebesar 2,36 maka Fhitung lebih besar dari Ftabel (39,097 > 2,36) yang artinya variabel promosi dan pelayanan secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel minat nasabah pada produk tabungan haji.