ANALISIS AKAD MUSYARAKAH PADA BISNIS FRANCHISE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus pada Franchise Aksana Fried Chicken)

Main Author: Muhammad Haidar Ilmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9725/1/1%20COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9725/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9725/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9725/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9725/
http://web.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • Penggunaan akad musyarakah dapat digunakan pada kegiatan usaha atau bisnis, salah satunya bisnis franchise. Aksana Fried Chicken merupakan salah satu usaha dibidang kuliner dengan menu utama ayam goreng tepung yang berdiri pada tanggal 23 September 2014 di wilayah Cirebon. H. Aksan Ansori sebagai owner yang kini memiliki 26 outlet yang tersebar diberbagai wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem kerjasama dan penerapan akad musyarakah pada Aksana Fried Chicken yang ditinjau dari Ekonomi Islam. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan Aksana Fried Chicken sebagai studi kasus penelitian ini. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penulis melakukan pengamatan dan menganalisis secara langsung data yang diperoleh dari lapangan, baik data berupa tulisan ataupun lisan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Aksana Fried Chicken menggunakan sistem franchise dalam menjalankan bisnisnya. Dan penerapan akad musyarakah yang diterapkan pada Aksana Fried Chicken sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam. Akan tetapi masih ada unsur yang tidak sesuai dengan konsep franchise syariah, yaitu pembayaran royalty fee setiap satu bulan sekali sebesar 2,5%.