ANALISIS PERSAINGAN USAHA BT BATIK TRUSMI CIREBON DI ERA DIGITALISASI
Main Author: | Dian Sri Erdianah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9537/1/Cover%20dan%20lain-lain.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9537/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9537/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9537/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9537/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- BT Batik Trusmi termasuk salah satu perusahaan toko batik dan toko oleh-oleh terbesar yang terdapat di desa Trusmi. Berdiri pada tahun 2011, eksistensi BT Batik Trusmi, cukup mengalihkan popularitas toko-toko batik yang berada di kampung batik trusmi sebab wisatawan lebih tergiring mengunjungi BT Batik Trusmi karena keunggulan yang dimiliki oleh toko. Dalam upaya persaingan usaha batik toko usaha BT Batik Trusmi memiliki beberapa upaya yang harusnya dilakukan, yaitu mengelola manajemen produksi dan manajemen pemasarannya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan ingin menganalisis tentang manajemen produksi dan juga manajemen pemasaran yang dimiliki BT Batik Trusmi terutama di era digitalisasi seperti sekarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan, yaitu lebih bisa dan mudah menyelesaikan apabila berhadapan dengan kenyataan ganda, metode ini menyajikan hakikat hubungan antara peneliti dan responden secara langsung dan metode ini lebih peka sehingga dapat menyesuaikan diri dan penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BT Batik Trusmi tidak memproduksi bahan baku kain sendiri, mereka lebih memilih untuk memperolehnya dari pihak kedua BT Batik Trusmi mengembangkan usahanya melalui digital sebagai media pemasarannya. Resiko yang di waspadai oleh BT Batik Trusmi yakni kelangkaan bahan baku sebuah produk. Kemudian strategi pemasaran yang disusun tidak berjalan dengan semestinya atau bisa dikatakan gagal. Tetapi BT Batik Trusmi akan melakukan survey atau mempelajari strategi pemasaran yang gagal tersebut.