PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Di SMP Negeri 8 Kota Cirebon

Main Author: Ucu Satriah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/950/1/127350023_UCU%20SATRIAH_58451048__ok.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/950/
Daftar Isi:
  • Ucu Satriah ( 58451048 ): Perbandingan Penggunaan Metode Numbered Heads Together (NHT) Dengan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smp Negeri 08 Kota Cirebon” Sejauh ini proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah khususnya pada mata pelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional yang bersifat teacher centered, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, belum bisa mengembangkan aktivitas positif siswa yang mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penerapan pembelajaran ini yaitu untuk menciptakan ikatan yang kuat antar siswa, membangun kecerdasan sosial dan emosional, sehingga pada akhirnya siswa bisa berinteraksi terhadap lingkungannya dengan segala kemampuan dan potensi diri yang berkembang dengan baik dan menjadikan siswa sebagi pusat pembelajaran sehingga siswa dapat bertukar informasi dan pendapat satu sama lainnya. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas positif siswa dan hasil belajar siswa adalah metode Numbered Heads Together ( NHT ) dan metode Student Teams Achievement Division ( STAD ). Metode Numbered Heads Together (NHT) merupakan metode belajar kelompok yang diawali dengan pemberian nomor kepada setiap anggota kelompok dengan setiap kelompoknya terdiri dari 3-6 orang anggota, dan nomornomor tersebut yang akan menjadi identitas siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan metode belajar kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang yang dibentuk dari anggota yang heterogen terdiri dari laki-laki dan perempuan yang berasal dari berbagai suku, yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian yang diperoleh dari postes, untuk kelas VIII B memperoleh skor rata-rata sebesar 14,22 dengan nilai rata-ratanya sebesar 71,10 dan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas VIII E memperoleh skor rata-rata sebesar 14,09 dengan nilai rata-ratanya 70,45 dan termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh = -0,19 dengan = 0,05 dan dk = 76, diperoleh = 1,995. Karena < , maka Ha ditolak dan Ho diterima yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa