Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelolaan Zakat (Baznas Kabupaten Indramayu)
Main Author: | Desih Dinningthias, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9488/1/1808205066_1_cover.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9488/2/1808205066_2_bab1.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9488/3/1808205066_6_bab5.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9488/4/1808205066_7_dafpus.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9488/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga, dan menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Untuk memudahkan pembayaran dan penyaluran dana zakat, pemerintah membentuk Organisasi Pengelola Zakat yaitu Lembaga Amil Zakat dan Badan Amil Zakat Nasional. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi pengelola zakat dibutuhkan tata kelola organisasi yang baik, yaitu terciptanya pengelola yang transparan, akuntabel, dan birokratif. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang diperoleh merupakan data primer dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki di Kab Indramyu. Jumlah sampel 96 responden dengan tingkat kepercayaan 95%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data dianalisis menggunakan program IBM SPSS 25. Adapun hasil dari penelitian ini adalah variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan nilai thitung sebesar 4, 953 >1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 000 < 0, 05, variabel transparansi dinyatakan positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan nilai thitung sebesar 3, 129 > 1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 002 < 0, 05, variabel kualitas pelayanan dinyatakan positif signifikan terhadap kepercayaan muzakki hal ini dibuktikan thitung sebesar 3, 968 > 1, 660 (ttabel) nilai signifikannya 0, 000 < 0, 05, dan akuntabilitas,trasparansi, kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 146,094> 2, 70 signifikan 0,000< 0, 05.