IMPLEMENTASI MEDIA PAPILIAN (PAPAN PINTAR PERKALIAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON
Main Author: | Dadang Hermawan, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9329/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9329/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9329/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9329/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9329/ |
Daftar Isi:
- Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah pemahaman siswa. Jenis media pembelajaran meliputi media audio, visual, audio-visual, dan lingkungan. Salah satu media visual yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika perkalian yaitu media PAPILIAN (Papan Pintar Perkalian). Kemampuan berhitung merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap individu. Siswa kelas II sekolah dasar berada dalam tahapan perkembangan kognitif operasional konkret dimana pola pikirnya sudah berkembang dari tahapan sebelumnya namun masih harus dibantu dengan benda konkret. Dalam aspek kognitif siswa, proses penyerapan informasi atau materi akan dapat lebih dimengerti apabila dibantu dengan media pembelajaran yang konkret sehingga siswa ikut aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi media PAPILIAN terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II MI Madinatunnajah Kota Cirebon dengan jumlah siswa 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan pengolahan data meliputi editing, classifying, verifying, dan concluding. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media PAPILIAN dapat dinyatakan baik namun dengan adanya antusias siswa terhadap penerapan media, kegiatan pembelajaran menjadi kurang kondusif. Secara keseluruhan, PAPILIAN membantu guru dalam menyampaikan materi perkalian, menciptakan suasana belajar yang lebih santai dan menyenangkan, dapat membangkitkan semangat belajar dan minat siswa terhadap perkalian, sehingga siswa memiliki kemampuan berhitung perkalian.