PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN SUMBER
Main Author: | Anna Nurkhasanah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9321/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9321/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9321/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9321/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9321/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Di Mi Al Washliyah Perbutulan Sumber. Pokok permasalahan dengan skripsi ini adalah bagaimana respon siswa terhadap Metode Mind Mapping, bagaimana hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus makluk hidup dengan menggunakan Metode Mind Mapping, bagaimana pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus makluk hidup. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap Metode Mind Mapping, untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus makluk hidup dengan penerapan Metode Mind Mapping, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data mulai angket, tes, dan dokumentasi pada siswa kelas IV MI Alwashliyah Perbutulan Sumber. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah Analisis Data Hasil Belajar Siswa, Analisis Uji Hipotesis (Uji Prasyarat Analisis, Uji Hipotesis). Hasil penelitian pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Murid Kelas IV MI Alwashliyah Perbutulan. Hasil nilai rata-rata (mean) menunjukkan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 45,50 sedangkan nilai rata- rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan sebesar 74,25. Ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diberikan perlakuan. Dan untuk pengujian hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis output SPSS yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya penerapan metode Mind Mapping dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Murid Kelas IV MI Alwashliyah Perbutulan.