PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KELILING LINGKARAN SISWA KELAS VI MI AL-MUHAJIRIN
Main Author: | Rizma Hawani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9300/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9300/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9300/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9300/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9300/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi fakta di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih terbilang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi keliling lingkaran siswa kelas VI MI Al-Muhajirin. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian mengenai pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT): (1) hasil observasi aktivitas guru dalam menerapkan model kooperatif tipe Team Games Tournament, diperoleh persentase sebesar 93% yang tergolong dalam kategori yang sangat baik. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI MI Al-Muhajirin masuk pada kategori baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai tes siswa dari 36,43 menjadi 66,71. (3) Terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling lingkaran siswa kelas VI A-Muhajirin, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh P-value (sig.) senilai 0,0025 < 0,005.