Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) Terhadap Pembentukan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Di Mi Islamiyah Hulubanteng

Main Author: Riyanti Komalasari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9293/1/awalan%20dll.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9293/2/bab%20i.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9293/3/bab%20v.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9293/4/dapus.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9293/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment ( SOLE ) dalam proses pembelajaran di kelas IV MI Islamiyah Hulubanteng (2) mengetahui kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment (SOLE) (3) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment ( SOLE ) terhadap pembentukan kemandirian belajar siswa kelas IV di MI Islamiyah Hulubanteng Pada proses pembelajaran biasanya menggunakan model atau metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru yaitu metode ceramah. Sehingga dalam proses pembelajarannya masih banyak siswa yang masih terlalu bergantung kepada guru, mengandalkan teman yang lebih pintar untuk mengerjakan tugas. Dengan menggunakan model atau metode yang kurang kreatif juga menambah rasa kurang antusias siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan kemandirian belajar siswa peneliti menggunakan model pembelajaran self organized learning environment (SOLE) di kelas IV MI Islamiyah Hulubanteng. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu hanya kelas IV A dan IV B yang menjadi sampelnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan uji Normalitas, Homogenitas dan uji Hipotesis Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan dalam kemandirian belajar siswa dengan rata – rata angket kemandirian kelas eksperimen sesudah diberi perlakuan sebesar 83% dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 63%. Penggunaan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment ( SOLE ) dapat dilihat pada hasil observasi pada aktivitas siswa, pada hari pertama menunjukan hasil hasil 76% dan pada hari kedua hasil 84%, oleh karena itu siswa dapat melaksanakan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment ( SOLE ) dengan baik. Kemudian untuk uji hipotesis atau uji t yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian adanya efektivitas penggunaan model pembelajaran Self Organizerd Learning Environment ( SOLE ) terhadap pembentukan kemandirian belajar siswa kelas IV di MI Islamiyah Hulubanteng.