Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Pemahaman Dan Pengamalan Tata Cara Wudhu Siswa Kelas I di MI Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon

Main Author: Ayu Sari'a,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9291/1/awalan%20dll.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9291/2/bab%20i.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9291/3/bab%20v.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9291/4/dapus.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9291/
Daftar Isi:
  • Wudhu merupakan suatu langkah awal sebelum melakukan amalan ibadah. Bagi siswa kelas satu, materi wudhu merupakan kesulitan tersendiri karena, materi wudhu selalu berhubungan dengan air sehingga sifat siswa yang masih suka bermain-main dengan air membuat siswa sulit diajak fokus untuk berwudhu dengan baik dan benar. Untuk berwudhu saja siswa belum begitu bisa, sebagian besar masih banyak yang tidak sesuai dengan urutan rukun maupun gerakannya belum memenuhi kesempurnaan, karena cara membasuhnya masih asal-asalan saja. Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture merupakan langkah atau tahapan atau strategi pembelajaran yang bisa dilakukan secara kooperatif dengan menggunakan media gambar yang di pasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Pemahaman merupakan suatu perbuatan yang bermakna mengerti akan sesuatu. Sedangkan pengamalan merupakan perbuatan yang bermakna pelaksanaan atau penerapan terhadap sesuatu apabila telah memahami. Penelitian ini bertujuan:(1)Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu siswa kelas 1 MI Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.(2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu siswa kelas 1 MI Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.(3) Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu siswa kelas 1 MI Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yang dilakukan di MI Ash-Shiddiqiyyah kelas I materi tata cara wudhu dengan menggunakan media gambar yang di pasangkan, hal ini bertujuan agar siswa lebih mudah memahami dan memiliki gambaran bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar sehingga siswa juga dapat mengamalkan bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar.(2) Pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture dari 11 siswa kelas I terdapat 6 siswa yang tergolong memiliki pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu yang baik dan benar sedangkan 5 siswa lainnya sudah memiliki pemahaman namun dalam pengamalan belum sempurna dalam gerakan wudhunya.(3) Faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman tata cara wudhu siswa kelas 1 MI Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon diketahui karena kurangnya kesiapan siswa ketika belajar, metode pembelajaran yang guru terapkan, daya serap setiap siswa berbeda-beda, dan teman sebaya.