Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon

Main Author: Khodijah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9098/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9098/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9098/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9098/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9098/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) memungkinkan siswa memiliki kopetensi yang salah satunya kemampuan atau keterampilan membaca Al-Qur‟an dengan baik. Selama ini pembelajaran tentang baca tulis Al-Qur‟an di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon tergolong cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang boleh di bilang masih kurang terampil dalam membaca Al�Qur‟an. Hal ini terbukti karena masih banyaknya siswa yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Atau dengan kata lain sebagian dari mereka dalam suatu surat atau ayat Al-Qur‟an masih banyak yang ditemui kurang lancar, kurang fasih, dan kurang bagus dalam membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program baca tulis Al-Qur‟an di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur‟an, dan faktor pendukung dan faktor penghambat kemampuan membaca Al-Qur‟an. Pelaksanaan adalah sebuah proses gambaran yang digunakan sebagai cara untuk melakukan sesuatu. Kemampuan membaca Al-Qur‟an adalah kemampuan untuk membaca Al-Qur‟an sesuai dengan ilmu tajwid dan makhorijul huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan reduksi data, menyajikan data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) yang penetapan materi dan metode pengajaran dilakukan dengan baik. Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan ujian diselenggarakan dengan baik. Faktor pendukung dan penghambat siswa di SMP IT Nuurusshidiiq berdasarkan hasil wawancara dengan guru, kepala sekolah dan siswa kurangnya dukungan orang tua dan keinginan atau kesadaran maupun kurangnya waktu pada saat pembelajaran.