ANALISIS MATERI IMAN KEPADA RASUL MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMK ISLAMIC CENTRE

Main Author: Arib Mubarok,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9045/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9045/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9045/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9045/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9045/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang analisis materi iman kepada Rasul melalui pembelajaran jarak jauh pada aplikasi google classroom mata pelajaran PAI dan budi pekerti di kelas 11 SMK Islamic Centre, adapun fokus penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara langsung di dalam suatu ruang kelas, dimana pendidik dan peserta didik berinteraksi secara langsung. Namun sejak terjadi pandemi COVID-19 pembelajaran dilakukan dirumah secara daring. Dalam hal ini pembelajaran mengalami kendala sebab harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada oleh sebab itu, peneliti ingin menganalisa pembelajaran yang efektif dengan menyesuaikan pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui solusi dari permasalahan pembelajaran yang berbasis daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data dan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara serta teori kajian yang relevan dengan penelitian. Sumber data yang primer diperoleh melalui wawancara dengan guru, pengajar dans siswa . Sumber sekunder diperoleh dari dokumentasi dan observasi lapangan yang berkaitan Sekolah Menegah Kejuruan Islamic Centre (SMK IC). Peneliti bertindak sebagai partisipan, adapun prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran materi iman kepada Rasul dapat dikatakan baik, karena terdapat metode dan perubahan dari siswa dan juga guru. (2) manfaat e-learning yang diterapkan oleh SMK Islamic Centre melalui: manfaat pembelajaran, yang telah dijelaskan seperti dapat memudahkan siswa dalam belajar online, dapat memudahkan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, memudahkan dalam penyimpanan data, efektivitas tranksaki materi, peneladanan contoh baik Rasul3) Faktor pendukung yang mencakup: fitur aplikasi mudah difahami, dapat menghemat kuota, adanya tugas terdata yang jelas. Begutupun dengan faktor penghambat mencakup: masalah jaringan/sinyal, handphone android, kuota internet.