EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI 1 KOTA CIREBON

Main Author: Triyani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9037/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9037/2/BAB%20I..pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9037/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9037/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9037/
Daftar Isi:
  • Penyebaran virus corona-19 mempengaruhi di berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, politik pendidikan, budaya dan lain-lain. Dalam bidang pendidikan, dampaknya bisa terlihat salah satunya adalah dalam pembelajaran. Pembelajaran yang semula bertatap muka dialihkan menjadi pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kendati demikian, apapun keadaannya, pendidikan harus tetap menimbulkan motivasi. Dalam prakteknya proses pembelajaran dan motivasi tidak terpenuhi secara maksimal karena terdapat faktor pendukung dan penghambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cirebon, motivasi belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Kota Cirebon. Pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah proses pembelajaran yang dilakukan tanpa bertatap muka secara langung dengan menggunakan sebuah perangkat atau media yang terhubung dengan internet. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak yang terletak di dalam diri peserta didik yang memunculkan niat untuk melakukan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Kota Cirebon bisa dikatakan efektif karena komponen-komponen pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagian besar sudah terpenuhi baik dilihat dari penyampaian tujuan pembelajaran, kurikulum, guru, siswa, metode, materi, alat pembelajaran (media), dan evaluasi. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI diwujudkan dalam bentuk tekun dalam mengerjakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) meliputi metode, media, sumber belajar dan lingkungan belajar.