IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PROSES MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI KELAS TAKHASSUS PONDOK PESANTREN LITAHFIDZIL QUR’AN NURUL BAROKAH DI DESA CILIBUR KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
Main Author: | M. Amin Nudeli, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9016/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9016/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9016/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9016/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9016/ |
Daftar Isi:
- Metode Talaqi adalah salah satu metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Qur’an. Metode Talaqi dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan hafalan secara maksimal. namun dalam Implementasi Metode Talaqi Dalam Proses Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Kelas Takhassus Pondok Pesantren Litahfidzil Qur’an Nurul Barokah Di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes masih dijumpai santri yang belum meraih hafalan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana implementasi metode talaqi, kekurangan dan kelebihan dari metode Talaqi, juga faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi metode Talaqi dalam proses menghafal Al-Qur’an pada santri kelas Takhassus Pondok Pesantren Litahfidzil Qur’an Nurul barokah di desa Cilibur kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes. Metode Talaqi adalah metode untuk menghafal Al-Qur’an yang dalam pelaksanaannya seorang guru atau pendidik membacakan ayat-ayat dalam Al�Qur’an kepada peserta untuk ditirukan kembali, setelah itu peserta didik secara bergiliran menghadap kepada pendidik untuk menyetorkan hafalannya secara face to face. Seorang pendidik harus seorang yang sudah memiliki gelar Hafidz dan diyakini mamiliki pengetahuan yang mumpuni dalam hal menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi dalam suatu konteks yang alami, tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya di lapangan studi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancar, studi pustaka dan studi dokumentasi. Selanjutnya data itu dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi metode Talaqi dalam proses menghafal Al-Qur’an pada santri kelas Takhassus Pondok Pesantren Litahfidzil Qur’an Nurul barokah di desa Cilibur kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes sudah terlaksana dengan baik oleh semua elemen Pondok Pesantren, yaitu pengasuh, dewan asatidz dan santri. Juga didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Namun pencapaian hafalan santri juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat, baik dari diri santri maupun faktor yang berasal dari luar.