PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
Main Author: | Sri Nur'aeni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8945/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8945/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8945/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8945/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8945/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon. Secara khususnya tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa serta mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEM-PjBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35 siswa kelas X dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai posttest siswa sebesar 79,83 lebih besar daripada hasil pretest yaitu 30,81 pada kemampuan berpikir kritis siswa, dan perbandingan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar 81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain, hasil perhitungan uji N-Gain diperoleh rata-rata hasil sebesar 0,71 pada kemampuan berpikir kritis siswa dan termasuk kategori tinggi. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi trigonometri sesudah menerapkan model pembelajaran STEM-PjBL pada kelas X IPS 4 di MAN Cirebon 1.