PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Main Author: Nurul,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8942/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8942/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8942/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8942/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8942/
Daftar Isi:
  • Penggunaan media pembelajaran ditujukan untuk mengatasi dan meminimalisir permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Efek dari pasca pandemi serta situasi dan kondisi yang belum terlalu stabil, akhirnya diberlakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Karena keterbatasan itulah diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis android terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMPN 1 Dukupuntang dan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Control Group Design. Peneliti telah melaksanakan penelitian dengan hasil ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil belajar tertinggi diraih kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil uji independent sample t-test hasil belajar matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung 9,603 > ttabel 1,692 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,44 dan skor rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada kelas kontrol yaitu 70,47. Maka dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis android lebih tinggi daripada hasil belajar matematika peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis android. Jadi, dapat disimpulkan hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar matematika kelas kontrol.