PENGEMBANGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Author: Khilyatun Niswah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8936/1/awalan%20dll.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8936/2/bab%20i.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8936/3/bab%20v.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8936/4/dapus.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8936/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas pengembangkan model Course Review Horay (CRH) berbantuan kartu domino untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dack and Carry yaitu model ADDIE. Tahapan model ADDIE yang dilakukan diantaranya tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa perangkat seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes, angket minat belajar, dan angket respon siswa. Hasil validasi produk yang dibuat dari penilaian beberapa validator adalah 4,67 yang dinyatakan produk memiliki validitas yang tinggi. Langkah-langkah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan kartu domino membuat siswa untuk berperan aktif, kreatif dan saling bekerja sama dalam pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat belajar siswa. Hasil perolehan nilai N-Gain pada minat belajar matematika siswa adalah 0,56 kategori sedang dengan persentasenya 56,03% dinyatakan cukup efektif, sedangkan perolehan nilai N-Gain pada hasil belajar matematika siswa adalah 0,60 kategori sedang dengan persentasenya 59,88% dinyatakan cukup efektif. Hasil uji paired sample t-test pada minat dan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai sig 0,000 dan 0,000. Hasil uji-F regresi linier pada minat dan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai sig 0,000 dan 0,039. Untuk angket respon siswa memiliki nilai rata-rata persentase 69,81%. Dari hasil data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan model Course Review Horay (CRH) berbantuan kartu domino dapat memenuhi kriteria produk diantaranya nilai kevalidan dan keefektifan yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.