PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS
Main Author: | Mualifatunisa Is Suroya, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8917/1/awalan%20dll.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8917/2/bab%20i.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8917/3/bab%20v.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8917/4/dapus.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8917/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) yang valid, praktis, dan efektif. penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdidi dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, dan (5) fase implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi modul, lembar angker respon peserta didik terhadap modul, soal pretest-posttest, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon dengan sampel peserta didik kelas XI Mia 3 berjumlah 30 peserta didik dan XI Mia 4 berjumlah 29 peserta didik pada materi polinomial. Berdasarkan hasil validasi modul matematika berbasis strategi PQ4R didapat bahwa modul dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor pada ahli materi sebesar 102, ahli media sebesar 98 dan ahli bahasa sebesar 45. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan modul didapat bahwa modul dinyatakan sangat praktis dengan perolehan skor rata-rata 88,33. Berdasarkan nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol modul ini memenehui kriteria efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Berdasarkan hasil uji mann withney menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir matematis pada nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen dan kelas control karena nilai sig. 0,04<0,05 hal ini menujukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga, berdasarkan hasil uji n-gain score mendapatkan presentase nilai rata-rata pretest-posttest pada kelas eksperimen sebesar 62,08% dikategorikan cukup efektif. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis strategi PQ4R memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.