Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Buntet Pesantren Cirebon
Main Author: | Turipah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8855/1/1.%20COVER%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8855/2/2.%20BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8855/3/6.%20BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8855/4/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8855/ |
Daftar Isi:
- Manajemen merupakan proses yang pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendayagunaan melalui tahapan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Proses pembelajaran kurikulum, (2) Peningkatan hafalan Al-Qur’an, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran di Pondok Pesantren Riyadhussholihin sudah cukup baik. (2) Peningkatan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Riyadhussholihin cukup baik, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Riyadhussholihin.