Daftar Isi:
  • Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Insan Mulia 2 Cirebon banyak siswa yang masuk ke sekolah, tidak punya pengetahuan agama, dan ada kesalahan ketika membaca Al-Qur’an. Untuk itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelola tahsin Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tahsin Al-Qur’an siswa SMP IT Bina insan Mulia 2 Cirebon, upaya guru dalam mengelola tahsin Al-Qur’an siswa SMP IT Bina Insan Mulia 2 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahsin Al-Qur’an siswa SMP IT Bina Insan Mulia 2 Cirebon dilaksanakan dengan sangat terprogram yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/pengarahan dan pengawasan/evaluasi. 1. Perumusan tujuan menjadi awal perencanaan, 2. Pendistribusian ustadz dan ustadzah atau pengajar sebelum dilaksanakan tahsin Al-Qur’an, 3. Pelaksanaan sebagai wujud implementasi dari perencanaan dan pengorganisasian, 4. Pengawasan/evaluasi dari pelaksanaan tahsin Al-Qur’an untuk mengukur efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya, sehingga dapat diketahui kelemahan dan kekurangannya untuk selanjutnya dapat diperbaiki. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tahsin Al-Qur’an siswa SMP IT Bina Insan Mulia 2 Cirebon setelah adanya pengelolaan tahsin Al-Qur’an oleh guru cukup bagus dan berdampak pada bacaan Al-Qur’an siswa.