Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon
Main Author: | Puput Sulistianti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8820/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8820/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8820/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8820/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8820/ |
Daftar Isi:
- Pengelolaan perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon masih terdapat kekurangan seperti dari segi fasilitas dan pelayanannya, sehingga hal tersebut diduga menyebabkan kurangnya minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah, minat baca siswa dan pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa(i). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa digunakan analisis deskriptif, untuk mengetahui pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa diolah dengan menggunakan teknik data regresi linear dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebaai berikut: (1) Pengelolaan perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada pada interval 75%-100% dengan nilai 84%. (2) Minat baca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada padda interval 75%-100% dengan nilai 75,75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan Perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh yang diberikaan pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa yaitu sebesar 29% sedangkan sisanya 71% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.