Implementasi Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas Kerja Staf Administrasi di SMP Negeri 1 Terisi Indramayu

Main Author: Rizka Putri Yuniasari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8768/1/1.COVER.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8768/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8768/3/6.%20BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8768/4/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8768/
Daftar Isi:
  • Implementasi TI atau pelaksanaan serta penerapan ilmu teknologi dalam dunia pendidikan sangat penting karena jaman yang kian pesat maka semua jenis pelayanan serta pengolahan data tata usaha sekolah menggunakan sistem komputerisasi. Dengan demikian maka staf tata usaha seharusnya mampu menggunakan komputer dan smartphone. Dari masalah yang penulis temui dilapangan terdapat sedikit masalah bahwa tenaga kependidikan tidak semua dapat memahami dalam penggunaan komputer, hal tersebut dikarenakan beberapa alasan diantaranya faktor usia yang sudah diatas 50 tahun serta kurangnya pembinaan dan pelatihan komputerisasi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi teknologi informasi dalam peningkatan efektivitas kerja staf administrasi di SMP Negeri 1 Terisi Indramayu serta upayaᅵupaya yang dilakukan sekolah dan kendala penghambat dalam pelayanan serta pengolahan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi mendalam dan studi dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, hal tersebut menunjukkan bahwa keberadaan TI atau pemanfaatan TI, jenis pelayanan yang memanfaatkan IT, kendala yang menghambat dalam pengolahan data dan pelayanan administrasi serta upaya-upaya menigkatkan efektivitas kerja dengan cara pengarahan dan pelatihan komputer.