Minat Belajar IPS Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Melalui Pengeloaan Media Foto Kelas IX Di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon

Main Author: Qori Saeful Ramadhan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8671/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8671/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8671/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8671/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8671/
Daftar Isi:
  • Pada pendidikan formal untuk sekarang yang kedaannya sedang terjadi bencana non alam yang diharuskan pendidikan formal ditutup dan tidak dibolehkannya ada proses pembelajaran yang dilakukkan secara tatap muka, sekarang pendidikan sudah mulai proses belajar baru yaitu pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang harus menggunakan media lain dalam proses belajar dengan jarak jauh antara guru dan siswa menimbulkan kurangnya pengawasan belajar terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana media foto dijadikan sarana dalam pembelajaran Daring di MTs Mafatihu Huda. 2) Bagaimana pengelolaan media foto dalam pembelajaran Daring di MTs Mafatihul Huda. 3) Bagaimana minat belajar IPS siswa dalam pembelajaran Daring melalui media foto di MTs Mafatihul Huda. Dilihat dari permasalahan penelitian ini, peneliti dapat menganalisis penerapan pengelolaaan media foto dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pelajaran IPS. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan: 1). Saran pembelajaran daring dengan menggunakan media foto memberi foto yang berisi materi pembelajaran kepada siswa untuk dilihat dan dibaca kemudian dipahami. 2). Pengelolaan media foto dalam pemebelajaran daring dianggap lebih efisien dan semua siswa bisa mengakses foto pembelajaran tersebut. 3). Minat belajar siswa terhadap pelajaran IPS dalam pembelajaran daring menggunakan media foto sangat tinggi. Hal ini dilihat dari keantusiasan siswa dalam pembelajaran karena lebih mudah untuk dipahami.