Pengaruh Metode Edutainment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Di MTs AL-Hilal Tegalgubug Arjawinangun Cirebon
Main Author: | Safa Amaliatus Sa'adah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8663/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8663/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8663/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8663/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8663/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai siswa, apalagi belajar mengenai materi sejarah memegang peranan penting untuk mengetahui sejarah. namun masih banyak yang menggangap bahwa sejarah adalah pembelajaran yang membosankan, monoton, dan kurangnya kreatifitas guru dalam menjelaskan pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode edutainment pada siswa di materi sejarah mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode edutainment, dan seberapa besar pengaruh metode edutainment terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berasal dari kerangka teori bahwa pembelajaran IPS materi sejarah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengolah pembelajaran di kelas semenarik mungkin seperti yang telah diuraikan adalah dengan menyajikan pembelajaran yang dibalut dengan menggunakan metode edutainment. Metode penelitian skripsi ini menggunakan jenis kuantitatif, dengan pengumpulan data yang digunakan data hasil belajar siswa, adalah angket pendapat siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII B dan VIII D MTs Al-Hilal Tegalgubug. Hasil Penelitian ini antaranya hasil analisis statistik deskriptif, nilai rata�rata siswa pada materi sejarah dengan metode edutainment sebesar 86,43. Pada pengujian statistik inferensial dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil uji hipotesis dimana nilai t-hitung sebesar 1,243 sedangkan t-tabel sebesar 1,025. Berdasarkan hipotesis yang ditetapkan sebelumnya, karena nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa metode edutainment efektif dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VIII B dan D MTs Al-Hillal Tegalgubug Arjawinangun.