UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LKPD SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII MTs AL-HILAL TEGALGUBUG ARJAWINANGUN CIREBON

Main Author: Elin Meylina,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8605/1/awalan%20dll.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8605/2/bab%20i.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8605/3/bab%20v.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8605/4/dapus.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8605/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang dilaksanakan dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi, membuat pembelajaran menjadi berkendala seperti kefektifan belajar berkurang, pengawasan berkurang dan hasil belajar yang sedikit rendah karena sistem belajar yang sangat tidak menunjang siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) penerapan lembar kerja peserta didik pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS; 2) respon siswa terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS; 3) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan lembar kerja peserta didik pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS. Peneliti menganalisis upaya penerapan LKPD sanitifik pada mata pelajarn IPS dengan pencapaian meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara juga dokumentasi, kemudian teknik analisisnya dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk menganalsis hasil belajar peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) penerapan lembar kerja peserta didik pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu 5M, yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan; 2) respon siswa terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik pendekatan saintifik merespon dengan baik yang terlihat pada keaktifan siswa pada saat pembelajaran tatap muka di kelas; 3) hasil belajar siswa dilihat dari kognitif didapatkan nilai rata-rata 81,32 dengan jumlah siswa tuntas 34 siswa, predikat sikap siswa adalah baik dan nilai keterampilan siswa didapatkan 20 siswa mendapat predikat sangat baik, 10 Baik dan 4 siswa cukup baik.