PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA
Main Author: | Apriyani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8559/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8559/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8559/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8559/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8559/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa berdasarkan data wawancara dengan guru dan pengamatan langsung pada siswa kelas XI SMAN 8 Kota Cirebon. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa materi sistem eksresi untuk siswa kelas XI SMAN 8 Kota Cirebon dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Mei 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan software anatesV4 dan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan kolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa dengan model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Hal ini dibuktikan dengan 1) aktivitas guru dan aktivittas siswam engalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan selisih 5%. Pada aktivitas guru mencapai presentase 85% sedangkan pada aktivits siswa mencapai 80%. 2) Peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen dari setiap pertemuannya mengalami peningkatan yaitu 48% pada pertemuan pertama, 57,7% pada pertemuan kedua, 66% pada pertemuan ketiga dan 75% pada pertemuan keempat. 3) pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan kontrol juga mengalami peningkatan pada nilai pretest-posttest. dengan rata-rata nilai N�Gain kelas eksperimen sebesar 0,62 dan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,20. 4) hasil respon siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz pada materi sistem eksresi kelas XI di SMAN 8 Kota Cirebon adalah sangat kuat, dengan presentase sebesar 81,00%.