PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WALED
Main Author: | Messyfa Salsabila, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8548/1/COVER%20DAN%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8548/2/BAB%201.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8548/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8548/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8548/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran biologi dengan menekankan pada pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar yang dimiliki siswa sebagai bekal menghadapi tantangan jaman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Peningkatan aktivitas siswa dan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis Bioentrepreneurship, (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar keterampilan proses sains, (3) Respon siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbasis Bioentrepreneurship. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket, kemudian data dianalisis dengan uji N-Gain dan Uji Statistik normalitas, homogenitas dan uji beda hipotesis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Waled. Sampel yang digunakan yakni kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 masing-masing berjumlah 38 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Quasi Eksperimental menggunakan Pretest�Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih kuat dari kelas kontrol dengan persentase rata-rata sebesar 63,63% dan 80,97%. (2) Hasil belajar keterampilan proses sains siswa menunjukkan perbedaan peningkatan yang signifikan, Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata N-Gain, untuk rata-rata N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 40,54%, sedangkan hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 28,05% dengan selisih mencapai 12,49% dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H