PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMAN 5 CIREBON

Main Author: Halimatussa Diyyah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8522/1/awalan%20dll.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8522/2/bab%20i.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8522/3/bab%20v.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8522/4/dapus.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8522/
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan perkembangan zaman, berbagai permasalahan yang ada di masyarakat semakin beragam dan peserta didik ini merupakan bagian dari masyarakat yang diharapkan peka dan mampu untuk memberikan respon pada bagian-bagian tertentu sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya. Oleh karena itu diperlukan adanya penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI), dengan adanya penerapan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran biologi dengan pendekatan Socio Scientific Issues terhadap berpikir kritis siswa pada konsep sistem reproduksi, menganalisis terhadap pembelajaran yang menggunakan penerapan pembelajaran Socio scientific Issues dengan yang tidak menggunakan penerapan pembelajaran Socio Scientific Issues pada konsep sistem reproduksi, mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran biologi dengan pendekatan Socio Scientific Issues terhadap berpikir kritis siswa pada konsep sistem reproduksi. Penelitian ini difokuskan pada materi sistem reproduksi yang dilaksanakan di SMAN 5 Cirebon, metode yang digunakan adalah kuantitatif yaitu quasi eksperimen dengan pretest dan posttest kontrol grup desain, dengan hasil yang diperoleh kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Socio Scientific Issues ini mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.