PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP DAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 JATITUJUH

Main Author: Risa Lutfisari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8511/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8511/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8511/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8511/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8511/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media whatsapp dan gambar terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Jatitujuh. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Jatitujuh pada kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas (simple random sampling). Sampel penelitian di kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan dikelas kontrol berjumlah 33 siswa. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media whatsapp dan gambar. Sedangkan pada kelas kontrol tidak diterapkan model jigsaw. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media whatsapp dan gambar lebih tinggi dari pada pembelajaran dengan tidak menerapkan model jigsaw. Ini dapat dilihat dari analisis data kedua kelompok menggunakan uji independen sampel T-Test diperoleh hasil nilai sig < 0,005 artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan dan yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.