OPTIMALISASI PEMANFAATAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @buyayahya_albahjah SEBAGAI ALAT PROMOSI PROGRAM WAKAF PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN AL-BAHJAH

Main Author: Nurul Islami,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/8410/1/COVER%20DAN%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8410/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8410/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8410/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8410/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya kemajuan teknologi, akan tetapi dari perkembangan teknologi ini akan menimbulkan suatu hal negatif jika tidak diseimbangi dengan pemanfaatan yang bener. Perekembangan teknologi inipun yang turut merubah pula cara mempromosikan suatu barang atau program, yaitu dengan menggunakan teknologi yang telah hadir salah satunya new media atau yang biasa dikenal media social. Pondok Pesantren Al-Bahjah turut mempromosikan program yang dilakukan melalui media social instagram yaitu program wakaf pembangunan pondok, sebagai wujud dari pemanfaatan perkembangan teknologi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana optimalisasi pemanfaatan akun instagram @buyayahya_albahjah sebagai alat promosi program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah?; (2) Bagaimana bentuk konten akun instagram @buyayahya_albahjah dalam mengemas pesan untuk mempromosikan program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah?; (3) Bagaimana efektivitas akun instagram @buyayahya_albahjah sebagai alat promosi program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui optimalisasi pemanfaatan akun instagram @buyayahya_albahjah sebagai alat promosi program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah; (2) Untuk mengetahui bentuk konten akun instagram @buyayahya_albahjah dalam mengemas pesan untuk mempromosikan program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah; (3) Untuk mengetahui efektivitas akun instagram @buyayahya_albahjah sebagai alat promosi program wakaf pembangunan pondok pesantren al-bahjah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualititatif. Pendekatan penelitian ini adalah study kasus. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diambil dari wawancara dan data sekunder yang diambil dari dokumentasi dan buku�buku. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengorganisasikan serta mempersiapkan data, membuat coding data, mempraktikan proses coding, menyajikan dalam bentuk narasi, dan interpretasi dalam riset kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Optimalisasi yang dilakukan sekitar 70% dengan cara mengikuti engangment mengikuti alur dari instagram itu sendiri; (2) Fitur konten yang digunakan berupa foto, video, reels serta instagram story. Konten du upload pada pukul 10.00 hingga rentang waktu pukul 18.30. Sasaran yang dituju yaitu orang kisaran usia 18 tahun khususnya orang yang sudah mempunyai penghasilan. Pesan yang ingin disampaikan melalui konten promosi program wakaf ini adalah mengajak jamaah untuk ikut serta melakukan kebaikan yang tidak terputus pahalanya; (3) berhasil membebaskan tanah dengan luas yang berbeda mulai dari 1600 Meter hingga 1,2 Hektar dan dilanjutkan dengan membangun gedung diatasnya.