POLA DIDIK DEMOKRATIS ORANG TUA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN REMAJA AWAL DI DESA ASTANALANGGAR KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON

Main Author: DWI ROSTIANA D.,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/831/1/DWI%20ROSTIANA%20DEWI_58410431_ok.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/831/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • DWI ROSTIANA D.PolaDidikDemokratis Orang TuaPengaruhnyaterhadapPerkembanganKepribadianR emajaAwal di DesaAstanalanggarKecamatanLosariKabupatenCirebo n. Keluargamerupakaninstitutpertamadanutamauntukmengadakaninterak siaplikasinilai-nilai moral agama bagianak.Maka orang tuamemilikitanggungjawabterhadapanak, karena orang tuamemilikihubungandarahdanmerupakanpendidikkodrati yang merawatdanmemberikanperlindungankepadaanaknya.Khususnyaremajaawaldiperl ukankecerdasandankematangan di dalamcaramendidiknya, sehingga proses psikologianakpadamasatransisiiniperkembangankepribadiannyakelakmenjadibaik. Penelitianinibertujuanuntukmemperoleh data tentangpoladidikdemokratis orang tua, perkembangankepribadianremajaawalberdasarkanpoladidikdemokratis orang tua, danpengaruhpoladidikdemokratis orang tuaterhadapperkembangankepribadianremajaawal di desaAstanalanggarkecamatanLosarikabupatenCirebon. Tugasdankewajiban orang tuadalammendidikdanmembinaanakanaknyamerupakanhalpentingdanmenentukan. Namundemikianfenomena yang terjadi di dalamkehidupansehari-haridimasyarakatkita, padaumumnyakeinginandankehendak orang tuamenjadi barometer keberhasilanmendidikanak.Cara mendidikanakdenganpoladidikseperti: Demokratis, Otoriter, Laisez Faire danPermissiv, menjadifaktorpenentu di dalammendidikanak yang diterapkan orang tua. Pengumpulan data dilakukanmelaluiteknikobservasi, wawancara, dokumentasidanangket, sehingga data yang terkumpulsecaraterpadudapatsalingmelengkapi.Selanjutnyateknikanalisis data dapatdilakukandenganmenggunakanrumusprosentasedan product moment. Analisis data yang diperoleh rata-rata prosentasepoladidikdemokratis orang tuayaitusebagianbesar 80,90% yang berartipoladidikdemokratis orang tuabaik. Sedangkanprosentase yang diperolehperkembangankepribadianremajaawal 70,94% yaknibaik. Poladidikdemokratis orang tuapengaruhnyaterhadapperkembangankepribadianremajaawalmenunjukan 0,44ataupadatingkatsedangataucukup. Hasilujihipotesisyaituthitungmencapai 2,37sedangkanttabel 2,09 makathitung>ttabelhalinimenunjukanbahwa Ho ditolakdan Ha diterimaartinyaadapengaruh yang positifantarapoladidikdemokratis orang tuapengaruhnyaterhadapperkembangankepribadianremajaawal di desaAstanalanggarkecamatanLosarikabupatenCirebon.