MODERNISASI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MANBA’UL ’ULUM 1973-1997 (Studi Kasus Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum di Desa Silebu Kec. Pancalang Kab. Kuningan)
Main Author: | Dewi Silvia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/8238/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8238/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8238/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8238/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/8238/ |
Daftar Isi:
- Salah satu pesantren yang cukup tua dan berpengaruh di Desa Silebu Kec. Pancalang Kab. Kuningan yaitu pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum. Sebagai sebuah lembaga pendidikan, sistem pendidikan dan pembelajaran di Manba’ul ‘Ulum masih melestarikan sistem salafi atau klasik dalam menyampaikan materi ajarnya, khususnya terkait materi-materi keislaman atau keagamaan. Namun seiring berjalannya waktu dan tuntutan pembaruan yang dilakukan oleh sistem pendidikan nasional, Manba’ul ‘Ulum melakukan modernisasi di sistem pendidikannya. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti memfokuskan kepada dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum. Kedua, bagaimana modernisasi pendidikan pesantren Manba’ul ‘Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi beberapa jenis metode penelitian yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesantren Manba’ul ‘Ulum dibangun sejak zaman penjajahan Belanda oleh K.H Alimuddin Manshur pada tahun 1973. Kemudian K.H Alimuddin Manshur berhasil mengembangkan pondok pesantren tersebut dengan sangat pesat. Pesantren Manba’ul ‘Ulum mengadopsi sistem pendidikan modern sebagai upaya modernisasi pesantren, dengan fokus pembaruan dan modernisasi pada aspek kelembagaan, serta kurikulum yang terdapat di pesantren, serta kurikulum yang digunakan sebagai acuan baku dalam sistem pembelajaran.