PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON
Main Author: | MUHAMAD NURUL HILAL, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
ctrlnum |
811 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/</relation><title>PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR
TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA
KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON</title><creator>MUHAMAD NURUL HILAL, </creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Muhamad Nurul Hilal:
NIM: 58410316 “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan
Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber
Kabupaten Cirebon” Salah satu kemampuan guru yang harus dimiliki oleh guru adalah terkait
penguasaan terhadap bahan ajar. Hal ini menjadi landasan pokok untuk
ketrampilan mengajar. Sehingga diharapkan kualitas proses pembelajaran Al-
Qur’an Hadits menjadi baik. Dengan demikian penulis ingin mengetahui
bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang
kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar, untuk memperoleh data tentang
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk memperoleh data tentang
pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses
pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran dengan
mengacu kepada standar kompetensi guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No.
14/ 2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan
sosial. Penelitian ini penulis fokus pada kompetensi profesional dan penulis hanya
membatasi pada kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar. Selanjutnya
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, peran guru dalam mengelola
proses belajar mengajar, guru sebagai sumber belajar sekaligus sebagai fasilitator
dalam belajar mengajar karena dalam pembelajaran (intructional), dimana guru
lebih ditekankan kepada bagaimana merancang sebagai sumber dan fasilitas
peserta didik dalam mempelajari sesuatu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan
prosentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penulis dapat menarik
beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar
Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber
kabupaten cirebon mencapai skor 87, 83% dalam kategori baik. (2) hasil kualitas
proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon mencapai skor
86,33% dalam kategori baik. (3) hasil pengaruh kemampuan guru dalam
penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaraan siswa pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber
Kabupaten Cirebon menunjukan angka 0,605 ini dapat diartikan bahwa korelasi
antara variable X dan variable Y termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan
demikian kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar memiliki pengaruh yang
tinggi terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.
“Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan
Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber
Kabupaten Cirebon”
ABSTRAK</description><date>2013-04-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf</identifier><identifier> MUHAMAD NURUL HILAL, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>811</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUHAMAD NURUL HILAL, |
title |
PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR
TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA
KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON |
publishDate |
2013 |
topic |
BP Islam. Bahaism. Theosophy etc |
url |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
contents |
Muhamad Nurul Hilal:
NIM: 58410316 “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan
Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber
Kabupaten Cirebon” Salah satu kemampuan guru yang harus dimiliki oleh guru adalah terkait
penguasaan terhadap bahan ajar. Hal ini menjadi landasan pokok untuk
ketrampilan mengajar. Sehingga diharapkan kualitas proses pembelajaran Al-
Qur’an Hadits menjadi baik. Dengan demikian penulis ingin mengetahui
bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang
kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar, untuk memperoleh data tentang
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk memperoleh data tentang
pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses
pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran dengan
mengacu kepada standar kompetensi guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No.
14/ 2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan
sosial. Penelitian ini penulis fokus pada kompetensi profesional dan penulis hanya
membatasi pada kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar. Selanjutnya
kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, peran guru dalam mengelola
proses belajar mengajar, guru sebagai sumber belajar sekaligus sebagai fasilitator
dalam belajar mengajar karena dalam pembelajaran (intructional), dimana guru
lebih ditekankan kepada bagaimana merancang sebagai sumber dan fasilitas
peserta didik dalam mempelajari sesuatu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan
prosentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penulis dapat menarik
beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar
Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber
kabupaten cirebon mencapai skor 87, 83% dalam kategori baik. (2) hasil kualitas
proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon mencapai skor
86,33% dalam kategori baik. (3) hasil pengaruh kemampuan guru dalam
penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaraan siswa pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber
Kabupaten Cirebon menunjukan angka 0,605 ini dapat diartikan bahwa korelasi
antara variable X dan variable Y termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan
demikian kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar memiliki pengaruh yang
tinggi terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.
“Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan
Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber
Kabupaten Cirebon”
ABSTRAK |
id |
IOS3865.811 |
institution |
IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
585 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
library_id |
773 |
collection |
Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
repository_id |
3865 |
subject_area |
Islam Psychological Computer Science Syariah |
city |
KOTA CIREBON |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3865 |
first_indexed |
2017-07-11T04:43:59Z |
last_indexed |
2017-07-11T04:43:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1759844758026452992 |
score |
17.13294 |