PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON

Main Author: MUHAMAD NURUL HILAL,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
ctrlnum 811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/</relation><title>PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR&#xD; TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS&#xD; SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA&#xD; KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON</title><creator>MUHAMAD NURUL HILAL, </creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Muhamad Nurul Hilal:&#xD; NIM: 58410316 &#x201C;Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan&#xD; Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran&#xD; Al-Qur&#x2019;an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah&#xD; Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber&#xD; Kabupaten Cirebon&#x201D; Salah satu kemampuan guru yang harus dimiliki oleh guru adalah terkait&#xD; penguasaan terhadap bahan ajar. Hal ini menjadi landasan pokok untuk&#xD; ketrampilan mengajar. Sehingga diharapkan kualitas proses pembelajaran Al-&#xD; Qur&#x2019;an Hadits menjadi baik. Dengan demikian penulis ingin mengetahui&#xD; bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap&#xD; kualitas proses pembelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits siswa kelas VIII Madrasah&#xD; Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.&#xD; Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang&#xD; kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar, untuk memperoleh data tentang&#xD; kualitas proses pembelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits, untuk memperoleh data tentang&#xD; pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses&#xD; pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits siswa kelas VIII Madrasah&#xD; Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.&#xD; Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran dengan&#xD; mengacu kepada standar kompetensi guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No.&#xD; 14/ 2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan&#xD; sosial. Penelitian ini penulis fokus pada kompetensi profesional dan penulis hanya&#xD; membatasi pada kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar. Selanjutnya&#xD; kualitas proses pembelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits, peran guru dalam mengelola&#xD; proses belajar mengajar, guru sebagai sumber belajar sekaligus sebagai fasilitator&#xD; dalam belajar mengajar karena dalam pembelajaran (intructional), dimana guru&#xD; lebih ditekankan kepada bagaimana merancang sebagai sumber dan fasilitas&#xD; peserta didik dalam mempelajari sesuatu.&#xD; Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan&#xD; teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.&#xD; Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan&#xD; prosentase dan korelasi product moment.&#xD; Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penulis dapat menarik&#xD; beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar&#xD; Al-Qur&#x2019;an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber&#xD; kabupaten cirebon mencapai skor 87, 83% dalam kategori baik. (2) hasil kualitas&#xD; proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits kelas VIII di&#xD; Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon mencapai skor&#xD; 86,33% dalam kategori baik. (3) hasil pengaruh kemampuan guru dalam&#xD; penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaraan siswa pada mata&#xD; pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber&#xD; Kabupaten Cirebon menunjukan angka 0,605 ini dapat diartikan bahwa korelasi&#xD; antara variable X dan variable Y termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan&#xD; demikian kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar memiliki pengaruh yang&#xD; tinggi terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an&#xD; Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon.&#xD; &#x201C;Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan&#xD; Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran&#xD; Al-Qur&#x2019;an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah&#xD; Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber&#xD; Kabupaten Cirebon&#x201D;&#xD; ABSTRAK</description><date>2013-04-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf</identifier><identifier> MUHAMAD NURUL HILAL, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>811</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUHAMAD NURUL HILAL,
title PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON
publishDate 2013
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/1/MUHAMMAD%20NURUL%20HILAL_58410316_ok-min.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/811/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
contents Muhamad Nurul Hilal: NIM: 58410316 “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon” Salah satu kemampuan guru yang harus dimiliki oleh guru adalah terkait penguasaan terhadap bahan ajar. Hal ini menjadi landasan pokok untuk ketrampilan mengajar. Sehingga diharapkan kualitas proses pembelajaran Al- Qur’an Hadits menjadi baik. Dengan demikian penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar, untuk memperoleh data tentang kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk memperoleh data tentang pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran dengan mengacu kepada standar kompetensi guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No. 14/ 2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Penelitian ini penulis fokus pada kompetensi profesional dan penulis hanya membatasi pada kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar. Selanjutnya kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, peran guru dalam mengelola proses belajar mengajar, guru sebagai sumber belajar sekaligus sebagai fasilitator dalam belajar mengajar karena dalam pembelajaran (intructional), dimana guru lebih ditekankan kepada bagaimana merancang sebagai sumber dan fasilitas peserta didik dalam mempelajari sesuatu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber kabupaten cirebon mencapai skor 87, 83% dalam kategori baik. (2) hasil kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon mencapai skor 86,33% dalam kategori baik. (3) hasil pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaraan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon menunjukan angka 0,605 ini dapat diartikan bahwa korelasi antara variable X dan variable Y termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon. “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon” ABSTRAK
id IOS3865.811
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2017-07-11T04:43:59Z
last_indexed 2017-07-11T04:43:59Z
recordtype dc
_version_ 1759844758026452992
score 17.13294