HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KESEHARIAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

Main Author: Munawir,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/810/1/MUNAWIR_07410146_ok-min.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/810/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • Munawir : Hubungan antara Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keseharian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Krangkeng Kabupaten Indramayu Dalam pendidikan terdapat evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembelajaran, keberhasilan pembelajaran di sekolah salah satunya ditandai dengan prestasi yang diraih oleh siswa, semakin tinggi prestasi yang diraih maka semakin banyak pengetahuan yang didapat dan tentu akan mempengaruhi perilakunya. Oleh karena itu seoarang guru harus mampu meningkatkan prestasi belajar siswa agar mereka dapat menjdi pribadi yang berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1). memperoleh data tentang prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Krangkeng. 2). Untuk memperoleh data tentang perilaku keseharian siswa kelas VIII MTs Negeri krangkeng 3). Mencari hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku keseharian siswa kelas VIII MTs Negeri Krangkeng Kabupaten Indramayu. prestasi adalah hasil yang telah dicapai sedangkan belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap yang terjadi karena latihan dan pengalaman. Dengan demikian prestasi belajar adalah perubahan tingkah laku yang menetap pada diri seseorang dan terjadi karena latihan dan pengalaman. jadi siswa yang prestasi belajarnya tinggi maka tingkah lakunya akan baik. Metodologi penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase., sedangkan untuk perhitungan hubungan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Krangkeng Kabupaten Indramayu tergolong dalam kriteria cukup, dengan kualitas nilai meannya 65,21%. Perilaku keseharian siswa kelas VIII MTs Negeri Krangkeng termasuk dalam kategori cukup, hal ini terbukti dengan hasil rata-rata prosentase 45,45%. Adapun hubungan prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku keseharian siswa kelas VIII MTs Negeri Krangkeng Kabupaten Indramayu tergolong tinggi karena diperoleh