Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka

Main Author: Lina Nurjannah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/7796/1/1%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7796/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7796/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7796/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7796/
http://web.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • LINA NURJANNAH, NIM: 1808204037 “PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG DI PASAR CIBORELANG JATIWANGI MAJALENGKA”, 2022. Bisnis yang benar-benar baik menurut Al-Qur’an adalah bisnis yang mendatangkan keuntungan bagi pelakunya tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Etika bisnis adalah seperangkat nilai baik, buruk, benar, dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan prinsip moralitas. Dengan kata lain prinsip etika bisnis harus dimiliki oleh setiap orang yang menjalankan bisnis. Seperti pada pedagang di pasar Ciborelang Jatiwangi yang sebagian besar pedagang beragama Islam. Namun dalam faktanya masih banyak terjadi pelanggaran etika dalam perilaku berbisnis, dalam hal ini mendorong spekulasi bagi para pelaku bisnis. Permasalahan yang akan dibahas dalam studi ini meliputi penerapan etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif, selain itu jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Dalam penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli di Pasar Ciborelang Jatiwangi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Ciborelang Jatiwangi Majalengka sudah mengetahui dan memahami etika bisnis Islam. Etika bisnis Islam adalah tata cara transaksi jual beli dari segi ramah, sopan dan jujur. Mengenai penerapan etika bisnis Islam sudah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan cara pedagang membeli dan menjual, mengikuti prinsip-prinsip etika bisnis Islam Rasulullah SAW, seperti aqidah dan akhlak, kejujuran, bertanggung jawab, persaingan yang sehat, dan keadilan. Namun, masih banyak pedagang yang tidak memahami etika bisnis Islam. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi etika bisnis Islam pada pedagang di pasar Ciborelang yaitu faktor pendukung meliputi berakhlakul karimah, tidak adanya diskriminasi harga, kejujuran, bertanggung jawab. Faktor penghambat meliputi faktor pendidikan dan terbatasnya sosialisasi edukasi. Kata Kunci: Pemahaman, Penerapan, Etika Bisnis Islam.