Penerapan Bahan Ajar Modul Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Ekosistem

Main Author: Utami Alisya Putri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/7576/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7576/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7576/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7576/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7576/
http://web.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • kir kritis dan respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Kerangkeng. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ; 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dan 3) respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Kerangkeng dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas X IPA 2 kelas kontrol dan 30 siswa kelas X IPA 1 kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) pada konsep ekosistem. Beradasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Sience, Technology, Engineering And Mathematics (STEM).