Penerapan E-Modul Materi Virus Berbasis Socio-Scientific Issue Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sliyeg

Main Author: Sulistiani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/7518/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7518/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7518/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7518/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/7518/
http://web.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang masih terbatas dan belum sepenuhnya berjalan secara maksimal dalam pemanfaatkan teknologi di setiap sekolah. Hal tersebut memungkinkan siswa kurang aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ada dalam memecahkan permasalahan yang ada. Selain itu, pola pembelajaran yang masih terfokus pada guru sebagai pusat pembelajaran, menyebabkan siswa kurang kritis dalam memahami persoalan yang ada dalam menemukan konsep baru, sehingga dibutuhkan inovasi pembelajaran dalam memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan penerapan E-modul berbasis socio-scientific issue. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan E-modul berbasis socio�scientific issue untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil tersebut ditunjukkan dengan selisih rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol sebesar 12 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 18. Selain itu, hasil rata-rata hasil observasi kesatu dan kedua lebih tinggi pada kelas eskperimen. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari paired samples statistik bagian mean yaitu pada kelas eksperimen sebesar 19,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 14,26. Data di atas menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Hasil angket respon siswa menunjukkan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan E-modul menggunakan android appy pie berbasis socio-scientific issue berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siwa.