Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah pada BMT Al-Ishlah Cabang Arjawinangun

Main Author: SUBROTO,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/685/1/SUBROTO_59320128_OK.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/685/
Daftar Isi:
  • Subroto : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah pada BMT Al- Ishlah Cabang Arjawinangun Keberadaan BMT sebagai penyedia jasa keuangan syariah yang terbilang masih baru belum mendapatkan respon yang antuasias dari masyarakat. Padahal kebutuhan masyarakat terhadap produk lembaga keuangan khususnya dalam ketegori produk pembiayaan cukup tinggi. Salah satu BMT yang sedang berkembang saat ini ialah BMT Al-Ishlah cabang Arjawinangun yang baru mulai beroperasi pada awal tahun 2012 yang lalu. Sebagai lembaga keuangan yang profesional, BMT harus mampu bersaing dengan penyedia jasa keuangan lain seperti Bank, Koperasi, Pegadaian, leasing, bahkan rentenir. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah nasabah BMT, diperlukan sebuah strategi yang tepat agar BMT terus bisa mempertahankan eksistensinya sebagai pelaku jasa keuangan syariah. Di mana pada dasarnya jumlah nasabah menggambarkan angka minat dari sebuah lembaga keuangan. Jenis masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah tentang minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Ishlah cabang Arjawinangun yang belum begitu tinggi. Berdasarkan jenis masalah tersebut, maka pertanyaan penelitian yang diajukan adalah faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Ishlah cabang Arjawinangun. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Ishlah cabang Arjawinangun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data-data dikumpulkan dengan menggunakan triangulasi atau penggabungan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari 15 orang nasabah yang menjadi narasumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman di mana langkah-langkahnya terdiri dari data reduction (mereduksi data), data display (menyajikan data), dan conclusion (penarikan kesimpulan). Hasil yang diperoleh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah meliputi persepsi terhadap kualitas produk, persepsi terhadap tempat, kualitas pelayanan, dan dorongan individu. Kata kunci: minat, pembiayaan, murabahah