PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS INTEGRASI KEILMUAN \ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS
Main Author: | Emah Khuzaemah, |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/6408/1/BUKU%20Emah%20Khuzaemah%20_2019%20LP2M_removed.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/6408/ |
Daftar Isi:
- Dinamika wacana tentang keterpaduan ilmu sains dan agama mengalami arus perkembangan yang semaikin menguat, bahkan cenderung mendunia. Akan tetapi, banyak ditemukan keprihatinan, baik di kalangan teolog, ilmuan, maupun praktisi pendidikan. Penerapan integrasi ini belum dapat diimplementasikan dalam proses pendidikan. Semangat integrasi keilmuan ini akan sangat bermakna apabila mampu diaplikasikan ke dalam setiap komponen pembelajaran. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran adalah bahan ajar. Apabila tersedia bahan ajar yang mengintegrasikan ilmu umum (sains) dan agama (Islam) dengan baik, pemahaman, penghayatan, dan penguasaan keilmuan siswa tentunya akan sangat baik. Pemahaman siswa menjadi menyeluruh dan terpadu. Penghayatan siswa akan makna ilmu tersebut akan mampu mengarahkan pemikiran dan tindakan yang bermakna pula. Untuk itu melalui penelitian ini dikembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis integrasi keilmuan. Melalui penelitian pengembangan (Research and Develompment) dikembangkan Bahan Ajar Cerpen berbasis Integrasi Keilmuan, Menggali Makna Kehidupan melalui Cerpen. Hasil penelitian ini baru sampai pada uji kelayakan bahan ajar, belum sampai pada tahap implementasi dan diseminasi. Implementasi dan diseminasi akan dilanjutkan pada penelitian berikutnya