PERBANDINGAN KUALITAS KONTEN PEDAGOGIS BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN VIRUS
Main Author: | Aditiya Fadli, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/6365/1/AWALAN%20DLL.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/6365/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/6365/3/BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/6365/4/DAPUS.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/6365/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui perbandingan kualitas konten pedagogis dari aspek keterbacaan isi, ketepatan konsep, representasi visual dan ketepatan dengan kurikulum terhadap tiga buku teks biologi kelas X pada pokok bahasan virus dengan kurikulum berbeda yaitu KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ini menggunakan protokol analisis isi yaitu berupa table daftar (list table). Ketepatan konsep pada buku sampel A termasuk kategori yang cukup baik, sedangkan ketepatan konsep buku sampel B dan C termasuk kategori yang baik. Aspek Keterbacaan teks ketiga buku tergolong ke dalam kategori mudah dalam keterbacaanya. Aspek Ketepatan dengan tujuan kurikulum yang dianalisis mencakup tiga aspek yaitu berdasarkan ketepatan kata kerja operasional buku sampel A cukup baik dan buku sampel B dan C baik, keseimbangan jenjang kognitif untuk sampel buku A cukup, buku sampel B baik, sedangkan buku sampel C sangat baik. Aspek ketepatan materi terhadap ketiga buku semua berkategori sangat baik, artinya semua materi yang terdapat dalam rumusan pembelajaran terdapat dalam buku teks biologi secara menyeluruh dan tepat. Analisis pola wacana pedagogis untuk buku sampel A termasuk kedalam informing hampir 80%, sedangkan untuk buku sampel B dan C diperoleh nilai tertinggi adalah Eliciting yaitu dengan persentase 60%. Perbandingan hubungan representasi visual dengan konten materi pada buku sampel A bermakna, sampel B dan C ada hubungan, Hubungan representasi visual dengan konten buku sampel A metafora dan buku sampel B dan C realitas. Hubungan representasi visual dengan konten materi pada ketiga buku sampel adalah ilustratif.