PENGARUH KINERJA AGEN ASURANSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK (StudiKasusdi AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Cirebon)

Main Author: Nurlaela Romdhonah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/633/1/NURLAELA%20ROMDHONAH_59320155_OK.PDF
http://repository.syekhnurjati.ac.id/633/
Daftar Isi:
  • Nurlaela Romdhonah 59320155 : PENGARUH KINERJA AGENASURANSI TERHADAP PENINGKATANVOLUME PENJUALAN PRODUK ASURANSI (Studi Kasus Di AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Cirebon) Seiring dengan perkembangan perusahaan asuransi di Indonesia yang semakin pesat, termasuk asuransi syariah. Masih terdapat peroblematika-problematika yang harus dihadapi oleh perusahaan asuransi, salah satunya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memadai. Potensi SDM tersebut termasuk dalam perusahaan asuransi adalah para agen yang merupakan bagian dari pemasaran produk-produk asuransi dan merupakan ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan asuransi dalam mencari nasabah dan menjual produknya. Sikap dan kinerja agen akan sangat menentukan kesan awal bagi para calon nasabah yang di datangi, calon nasabah akan tertarik dengan sikap dan kinerja agen yang baik dan santun. Seiring dengan hal tersebut peningkatan volume penjualan sangat diharapkan oleh semua perusahaan asuransi guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan dan perkembangan perusahaan asuransi yang lebih pesat lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja agen asuransi pada AJB Bumiputera 1912 Syariah cabang Cirebon. dan bagaimana pengaruh kinerja agen asuransi terhadap peningkatan volume penjualan produk asuransi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja agen asuransi pada AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Cirebon. dan bagaimana pengaruh kinerja agen asuransi terhadap peningkatan volume penjualan produk asuransi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para nasabah AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Cirebon yang berjumlah 2875 nasabah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 nasabah, adapun instrument penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, sedangkan analisis data yang digunakan adalah korelasi, regresi sederhana, nilai koefisensi determinasi, uji t, dan dihitung dengan metode SPSS Versi 19. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kinerja agen asuransi berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap volume penjualan produk asuransi. Terdapat nilai R.Square sebesar 0,661. Jadi nilai Kontribusi atau Koefise Determinasi sebesar 0,661 X 100% = 43,69% artinya kinerja agen asuransi terhadap volume penjualan produk asuransi sebesar 43,69% sedangkan sisanya 56,31% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kinerja Agen dan Volume Penjualan, Asuransi