PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan)

Main Author: IKA KARTIKA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/1/127340063_IKA%20KARTIKA%20%2858440856%29__ok.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/
ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/</relation><title>PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING&#xD; METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH)&#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA&#xD; PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI&#xD; (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan)</title><creator>IKA KARTIKA, </creator><subject>L Education (General)</subject><description>IKA KARTIKA : Penggunaan Cooperative Learning Metode Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan)&#xD; Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajarinya itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMPN 3 Luragung bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak ceramah khususnya mata pelajaran IPS Ekonomi, sehingga siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat, dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka guru harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning metode Question Student Have (QSH).&#xD; PTK ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH), hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) pada pembelajaran IPS Ekonomi.&#xD; Dalam penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam rangka upaya pencapaian tujuan pembelajaran, maka penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam mewujudkannya. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran IPS Ekonomi sudah seyogyanya bila pembelajaran kooperatif metode Question Student Have (QSH) diterapkan dalam pembelajaran tersebut, karena dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan giat dalam belajar, serta memudahkan siswa untuk memahami pelajaran IPS Ekonomi dengan baik, sehingga memperoleh hasil belajar yang baik pula.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Lokasi penelitian ini adalah SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian- nya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Luragung dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Untuk teknik analisis datanya diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif yaitu sebelum soal diberikan kepada siswa dianalisis terlebih dahulu dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tiap butir soal. Sedangkan secara kualitatif menggunakan analisis data statistik deskriptif perhitungan prosentase.&#xD; Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) di kelas VII SMPN 3 Luragung pada pelajaran IPS Ekonomi dapat diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III, baik dari hasil observasi tentang aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 52%, siklus II 74% dan siklus III 86%. Hasil kinerja guru pada siklus I 68%, siklus II 76%, dan siklus III 94%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 60,85, siklus II 68,28 dan siklus III 76. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Ekonomi dengan penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan.</description><date>2012-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/1/127340063_IKA%20KARTIKA%20%2858440856%29__ok.pdf</identifier><identifier> IKA KARTIKA, (2012) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan). Post-Doctoral thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author IKA KARTIKA,
title PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan)
publishDate 2012
isbn 9782858440856
topic L Education (General)
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/1/127340063_IKA%20KARTIKA%20%2858440856%29__ok.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/558/
contents IKA KARTIKA : Penggunaan Cooperative Learning Metode Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan) Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajarinya itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMPN 3 Luragung bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak ceramah khususnya mata pelajaran IPS Ekonomi, sehingga siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat, dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka guru harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning metode Question Student Have (QSH). PTK ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH), hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) pada pembelajaran IPS Ekonomi. Dalam penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam rangka upaya pencapaian tujuan pembelajaran, maka penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam mewujudkannya. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran IPS Ekonomi sudah seyogyanya bila pembelajaran kooperatif metode Question Student Have (QSH) diterapkan dalam pembelajaran tersebut, karena dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan giat dalam belajar, serta memudahkan siswa untuk memahami pelajaran IPS Ekonomi dengan baik, sehingga memperoleh hasil belajar yang baik pula. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Lokasi penelitian ini adalah SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian- nya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Luragung dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Untuk teknik analisis datanya diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif yaitu sebelum soal diberikan kepada siswa dianalisis terlebih dahulu dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tiap butir soal. Sedangkan secara kualitatif menggunakan analisis data statistik deskriptif perhitungan prosentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) di kelas VII SMPN 3 Luragung pada pelajaran IPS Ekonomi dapat diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III, baik dari hasil observasi tentang aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 52%, siklus II 74% dan siklus III 86%. Hasil kinerja guru pada siklus I 68%, siklus II 76%, dan siklus III 94%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 60,85, siklus II 68,28 dan siklus III 76. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Ekonomi dengan penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan.
id IOS3865.558
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2017-02-26T02:11:34Z
last_indexed 2017-02-26T02:11:34Z
recordtype dc
_version_ 1759844756814299136
score 17.13294