Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Main Author: RIDA NURFITRIA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/5568/1/AWALAN%20DLL.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5568/2/BAB%20I.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5568/3/BAB%20V.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5568/4/DAPUS.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5568/
http://web.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurfitria, Rida: Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembelajaran secara online merupakan salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksasnakan selama masa darurat Covid-19 dan terdampak perubahan pola pembelajaran dari yang tatap muka menjadi online, dimana proses pembelajaran secara daring tentunya banyak hambatan-hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran online berdampak terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan bimbingan konseling islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2) motivasi belajar pada mahasiswa BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat pandemi covid-19. 3) pengaruh pembelajaran online (daring) terhadap motivasi belajar pada mahasiswa BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 responden yang diambil dari mahasiswa bimbingan konseling islam semester 2 tahun akademik 2020/2021. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mean dari pembelajaran online sebesar 62,72 yang berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran online tergolong cukup tinggi, 2) mean dari motivasi belajar sebesar 27,26 bahwa motivasi belajar tergolong tinggi, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar. Hasil R square ditemukan bahwa pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar dapat dijelaskan sebesar 29,1%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran online tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kata Kunci : Pembelajaran Online, Covid-19, Motivasi Belajar.