Peran Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individual Di MTsN 9 Cirebon
Main Author: | Fariz Iqbal, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5529/1/01%20COVER.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5529/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5529/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5529/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5529/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fariz Iqbal NIM.1413363041 “Peran Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individual Di MTsN 9 Cirebon” Kepercayaan diri siswa di MTsN 9 Cirebon, dan menelaah peran guru bimbingan konseling (BK) dalam meningkatkan rasa percaya diri, menunjukkan masih kurangnya rasa percaya diri diantara sesama siswa, para siswa bersikap kurang ramah satu sama lain, dan masih sering terjadi miskomunikasi di antara para siswa sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan bersama di lingkungan sekolah. Adapun tujuan penelittian ini yaitu : pertama, untuk mengetahui rasa percaya diri siswa MTsN 9 Cirebon. Kedua, untuk mengetahui proses layanan bimbingan konseling Individu di MTsN 9 Cirebon. Ketiga, untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling (BK) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII MTsN 9 Cirebon. Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif deskriptif, dengan fokus utama untuk mengkaji peran guru bimbingan konseling (BK) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Temuan selanjutnya dipahami dengan mereduksi semua catatan yang dikumpulkan untuk mengungkapkan dan memahami fenomena yang berhubungan dengan issu utama dalam penelitian. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian tentang peran guru bimbingan konseling (BK) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, yakni sebagai berikut: pertama, adanya rasa percaya diri siswa yang meningkat dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya. Kedua, siswa yang memiliki rasa percaya diri cenderung lebih aktif dalam berkomunikasi dengan teman sebaya yang baru dia kenal, dan lebih mudah untuk bergaul dengan temannya. Ketiga, adanya peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII dengan kemampuan mereka dalam beradaptasi di sekitar lingkungan sekolah. Kata-kata kunci: Bimbingan Konseling Individu, Pendidikan Sekolah, kepercayaan diri, Penelitian Kualitatif.