Pengaruh bimbingan konseling dan pembelajaran Akidah
Main Author: | Iis Humaeroh, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5439/1/01%20COVER.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5439/2/BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5439/3/BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5439/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5439/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Iis Humaeroh. Pengaruh bimbingan konseling dan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keberagamaan siswa ( Penelitian pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Ma‘had Al-Zaytun Indramayu Pendidikan merupakan komponen terpenting dalam kehidupan di masyarakat. Perilaku keberagamaan siswa di sekolah sangat beragam, untuk itu diperlukan pembelajaran akidah akhlak dan bimbingan konseling untuk mengontrol perilaku siswa. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling dan pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keberagamaan siswa di MTs. Ma‘had Al-Zaytun Indramayu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Ma‘had Al-Zaytun Indramayu. Penelitian ini dilakukan terhadap 176 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrument penelitian adalah kuesioner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial bimbingan konseling (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa (Y). Secara parsial pembelajaran akidah akhlak (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa (Y). Secara bersama-sama antara variabel bimbingan konseling (X1) dan pembelajaran akidah akhlak (X2) berpengaruh terhadap variabel perilaku keberagamaan siswa (Y) Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Keberagamaan Siswa