PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

Main Authors: Hani Fitriani, , Iwan, , Umamatul Khaeriyah,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/5393/1/JURNAL%20HANI%20FITRIANI%20%281708101096%29.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5393/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman materi PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Cirebon, untuk mendeskripsikan pemahaman materi PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Cirebon, untuk mengetahui kendala dan solusi dalam penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman materi PAI pada kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data beruba observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menentukan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman materi PAI di tengah pandemi covid-19 sudah diterapkan dengan baik dan memenuhi fungsi atensi, afektif, kognitif dan kompensatoris. pemahaman materi PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Cirebon mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas VIII B sebelum menggunakan video pembelajaran dari kategori penilaian cukup dengan rentang nilai 51 – 69 meningkat menjadi kategori baik dengan rentang nilai 70 – 80. Begitu juga kelas VIII E sebelum menggunakan video pembelajaran dari kategori penilaian baik dengan rentang nilai 70 – 80 meningkat menjadi sangat baik dengan rentang nilai 81 – 100. kendala dalam penerapan media audio visual yaitu lemahnya penguasaan ilmu teknologi, keterbatasan fasilitas pendukung, jaringan internet dan keterbatasan waktu guru dalam pembelajaran daring. Adapun solusi nya yaitu meningkatkan kompetensi penguasaan ilmu teknologi, peran orang tua dalam pengawasan intensif serta peran sekolah dan pertemuan tatap muka secara fleksibel.