IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALLY) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPT MAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI FIQIH DI MTsN 11 KUNINGAN
Main Author: | MULYADIN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/5354/1/1.%20COVER%20DAN%20PENGESAHAN.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5354/2/2.%20BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5354/3/6.%20BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5354/4/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/5354/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstrak Pembelajaran Fiqih pada siswa kelas IX D MTs Negeri 11 Kuningan Kabupaten Kuningan tidak sesuai dengan harapan. Siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran dan prestasi siswa rendah. Untuk mengatasi masalah itu, diuji cobakan penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic-Auditory-Visualization- Intellectually) dengan strategi concept map dalam pembelajaran Fiqih. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan strategi concept map, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX D MTs Negeri 11 Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX D MTs Negeri 11 Kuningan Kabupaten Kuningan, yang terdiri dari 26 siswa. Tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SAVI dengan strategi concept map (peta konsep) dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran dan prestasi akademik siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran fiqih pada siklus I dan Siklus II telah terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 67,29% menjadi 83,12% untuk siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa dari 65,00% pada tahap awal pembelajaran atau pra penelitian pada siklus I sebesar 81,54% dan pada siklus II menjadi 92,50%. Kata kunci : SAVI ; concept map; model; strategi.