Pengaruh Pengetahuan Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Desa Kaplongan Indramayu
Daftar Isi:
- Ipa Syarifah. NIM: 1708203018, “PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT DESA KAPLONGAN INDRAMAYU”, 2021. Perbankan Syariah merupakan lembaga keuangan yang prinsip operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist serta ketetapan dan keputusan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Kurangnya minat masyarakat dalam menabung di bank syariah karena belum mengetahui tentang perbankan syariah. Pengetahuan masyarakat tentang bank syariah akan didapatkan salah satunya dengan melakukan promosi. Dalam kegiatan promosi seorang marketing harus menerapkan marketing syariah, karena merupakan salah satu penilaian calon nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Apa ada pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Desa Kaplongan Indramayu”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan pada masyarakat Desa Kaplongan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu yang mengikuti Majelis Ta’lim. Sampel yang diambil sebanyak 70 responden. analisis data dalam penelitian ini meliputi uji deskripsi, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F. Adapun hasil dari penelitian ini: berdasarkan hasil uji hasil uji t pengetahuan tidak berpengaruh secara parsial sedangkan promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di bank syariah pada masyarakat Desa Kaplongan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Sedangkan dari hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen yaitu minat menabung dengan nilai signifikansi 0,040. Kata Kunci: Bank Syariah, Pengetahuan, Promosi, Minat Menabung