PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kec. Gempol Kab. Cirebon)
Main Author: | USWATUN HASANAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/504/1/127340041_USWATUN%20HASANAH_58440973__ok.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/504/ |
Daftar Isi:
- USWATUN HASANAH : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARAYANGMENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. (Sudi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kec. Gempol Kab. Cirebon) Dari hasil observasi di MTs SA Al-Ma’rifah Gempol, dalam pembelajarannyasiswa merasa jenuh/bosan, tidak termotivasi, malas berfikir dan kesulitan memahami materi yang di sampaikan guru. Salah satu upaya untuk mengatasi rasa jenuh/bosan dan malas berfikir siswa yaitu dengan MetodepembelajaranMake A Match. Sehingga membantu siswa dalam memahami materi IPS dengan baik, supaya pembelajaran lebih efektif dan efesien. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihasilbelajarsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A Match, untukmengetahuihasilbelajarsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranKovensional,untukmengetahuiperbedaanhasilbelaj arsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A MatchDengan yang menggunakanMetodepembelajaranKonvensionaldalampembelajaran IPS di kelas VII MTs SA Al-Ma’rifahGempol. Penentuanmetodepengajaransecaratepatdandisesuaikandenganmateri, memungkinkansiswauntukbelajarlebihbaik.MetodepembelajaranMake A Match sebagaimetodedalampembelajaran IPS yang membuatsiswamenjadiaktifdanmemotivasisiswadalambelajarsehinggasiswamampum emahamimateridenganbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SedangkanMetod ePembelajaranKonvensionalmerupakanmetode yang pengajarannyadidominasiolehsatu guru sehinggasiswamenjadipasif. Metodepenelitianinimengggunkanmetodeeksperimendilakukan di MTs SA Al-Ma’rifahGempolKab. Cirebon. Dengansampel yang terdiridarikelas VII-A dankelas VII-B sebanyak 60 siswa.Kelas VIIAadalahkelaseksperimensedangkankelas VII-B adalahkelaskontrol. Tehnikpengumpulan data yang digunakanadalahdenganobservasi, instrument test, danwawancara. Data yang diperolehkemudian di analisisdenganmenggunakanujistatistikindependent samples test. Hasilbelajar IPS siswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A Matchmenggunakankategoribaikdenganskor rata-rata eksperimenyaitusebesar 77,33dengankategoribaik. Hasilbelajar IPS yang menggunakanMetodepembelajaranKonvensionalmenunjukankategoricukupdengansk or rata-rata hasilkontrolyaitu 63,33dengankategoricukup.