PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELOMPOK 28 PROGRAM INTENSIFIKASI BAHASA ARAB IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
Main Authors: | Uswatun Ummi, Hikmah, Mulyaningsih, Indrya |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Tadris Bahasa Indonesia
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/463/1/600 http://repository.syekhnurjati.ac.id/463/ http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/600 http://dx.doi.org/10.1234/jileal.v1i2.600 |
Daftar Isi:
- Metode mengajar digunakan sesuai kreativitas guru. Pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Arab di Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan berbagai macam metode. Metode inquiry, tanya jawab, dan kelompok merupakan metode mengajar menurut pendekatan konstruktivistik. Teori konstruktivistik memahami belajar sebagai proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan oleh pembelajar itu sendiri. Ketertarikan terhadap teori konstruktivistik mendorong penulis untuk mengamati penerapan teori konstruktivistik di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil observasi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan pendekatan teori kontruktivisme.