PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELOMPOK 28 PROGRAM INTENSIFIKASI BAHASA ARAB IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Main Authors: Uswatun Ummi, Hikmah, Mulyaningsih, Indrya
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Tadris Bahasa Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/463/1/600
http://repository.syekhnurjati.ac.id/463/
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/600
http://dx.doi.org/10.1234/jileal.v1i2.600
Daftar Isi:
  • Metode mengajar digunakan sesuai kreativitas guru. Pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Arab di Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan berbagai macam metode. Metode inquiry, tanya jawab, dan kelompok merupakan metode mengajar menurut pendekatan konstruktivistik. Teori konstruktivistik memahami belajar sebagai proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan oleh pembelajar itu sendiri. Ketertarikan terhadap teori konstruktivistik mendorong penulis untuk mengamati penerapan teori konstruktivistik di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil observasi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan pendekatan teori kontruktivisme.